Sekarang Aku Tahu (Renunganku di Bangku Perguruan Tinggi)

image

Kebanyakan dari kita sudah termakan oleh informasi yang salah tentang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Dari gambaran yang kita dapat di media, kita akan berpikir bahwa bangku kuliah itu amat menyenangkan. Kita bebas, banyak waktu luang selama kuliah, setelah selesai kelas bisa pergi kemana-mana, intinya hidup menjadi lebih santai. Sayang sekali terkadang tidak semua anggapan itu benar.

Setelah mengecap bangku kuliah selama lebih kurang satu semester. Sedikit banyak aku sudah mengetahui bagaimana kondisi perkuliahan sebenarnya. Mungkin kita memang mendapat kebebasan yang belum kita kecap di bangku putih abu-abu dulu. Namun, kebebasan yang akhirnya dapat kita diraih harus ditukar dengan hal lain. Jangan sekali-kali teman-teman berpikir bahwa kita tidak memiliki beban di dunia perkuliahan. Justru sebaliknya, beban yang mesti diemban akan makin berat kawan… Setidaknya menurut pengalamanku pribadi.


Sekarang, aku tengah mengenyam pendidikan S1 Farmasi di salah satu universitas negeri di pulau Sumatera. Aku juga tidak tahu bagaimana dengan teman-teman yang menuntut ilmu di tempat lain, tapi bagi diriku pribadi, selama sekitar satu semester disini banyak memberiku pelajaran, membuatku lebih tahu. Terkadang teman,tidak semua hal berjalan sesuai dengan kehendak kita.

Selama perkuliahan yang baru seumur jagung ini, aku melihat dengan mata kepala sendiri bahwa dunia tidak seadil itu. Ada bagian dari dunia yang tidak indah teman. Kawan dan lawan hanya dibatasi oleh garis tipis. Batasan baik dan buruk seakan samar. Kita dituntut menjadi individu tangguh dan kritis.

Di bangku perkuliahanlah kita mulai belajar tentang berbagai karakter dan pribadi orang, bagaimana menghadapi dan menerima perbedaan masing-masing , bagaimana kita harus mengemukakan pendapat supaya dapat dikenal dan dapat berkontribusi di masyarakat.

Di bangku perkuliahan kita mulai belajar tentang sisi lain dan keanekaragaman dalam hidup.

Terkadang tidak semua hal yang indah menurut kita itu baik.
Dan tidak semua hal yang kita pikir jelek itu buruk.

Aku tidak bermaksud sok bijak dalam hal ini.Aku hanya ingin berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana pesan dan kesanku setelah ‘sedikit’ merasakan dunia perkuliahan.Jika teman-teman bertanya tentang beban yang sempat aku sebutkan diatas, beban yang aku maksudkan disini tidak hanya tentang beban ilmu yang akan dipelajari selama perkuliahan.

Beban lain yang aku bicarakan adalah beban kita sebagai individu mandiri.Bagi teman-teman yang menuntut ilmu jauh dari keluarga sepertinya akan mengerti.Jauh dari keluarga, kita tahu bagaimana ‘hidup sendiri’ itu.Bagaimana nanti di masa depan kita akan membuat keluarga baru yang mandiri pula.Bertambahlah beban kita untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menemukan tempat dikomunitas.

Sepertinya postinganku agak panjang dan mengambang ya hihi πŸ˜€

Sebenarnya yang ingin aku sampaikan kepada teman-teman adalah:
1. Nikmati waktu yang teman-teman punya sekarang, bagi yang masih SMA nikmatilah masa itu sebaik-baiknya. There is no turning back guys
2. Bagi yang akan beranjak keΒ  bangku perkuliahan tahun ini, luruskan lah lagi niat yang teman-teman punya πŸ™‚ Bagaimanapun kuliah bukan ajang untuk bermain-main temanku.
3. Untuk yang sedang berkutat di dunia perkuliahan super sibuk… Tetap semangaaatt πŸ˜€ it will be worth it my friend~
4. Untuk kebaikan pribadi, kita harus berlatih menjadi pribadi beretika lurus,tangguh, berani, dan toleran. Percaya tidak percaya itu adalah senjata ampuh dalam hidup. Kita mesti belajar menerima kenyataan sepahit apapun itu.

Tapi, tentu saja perkuliahan menyimpan banyak hal-hal baik yang menyenangkan untuk dirasakan. Salah satunya menurutku adalah terbukanya kesempatan luar biasa bagi kita untuk bertemu dengan orang-orang luar biasa di luar sana!

Sebelumnya,aku minta maaf jika menurut teman-teman pembaca postingan ini terlalu panjang dan bertere-tere. Aku hanya ingin berbagi cerita pribadiku ^_^

Stay tune. Dan tetap nantikan postinganku selanjutnya oke? πŸ˜‰

Bye ~

*tulisan ini dibuat ketika penulis sedang berkutat dengan ujian tengah semester,lumayan sebagai sarana pelepas stres hihi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s