Peringatan Hari Tanpa Rokok Sedunia 31 Mei 2015

Long time no post!
Apa kabar semua? Aku akhirnya kembali ^^
Maaf karena memakan waktu terlalu lama untuk aktif lagi di blog ini >
Kali ini,aku akan berbagi cerita mengenai sebuah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Tanpa Rokok Sedunia tanggal 31 Mei 2015.
Check this out guys!

Sudah lebih kurang satu minggu, aku dan angkatanku (angkatan 2014) secara resmi menjadi bagian dari KBMF (Keluarga Besar Mahasiswa Farmasi) di Fakultas Farmasi UNAND. Untuk menunjukkan keseriusan kami setelah dilantik menjadi warga negara resmi di fakultas farmasi,kami menjadikan aksi pada peringatan hari tanpa rokok sedunia ini sebagai sarana pembuktian diri.

Sebelumnya, perlu aku tekankan disini,ungkapan bahwa segala sesuatu itu tergantung dari niat ada benarnya. Sebenarnya, dari awal niatan ku dalam mengikuti acara ini sudah salah.Tujuan utama dari aksi ya tentu saja untuk mengedukasi dan menghimbau masyarakat agar paham dan ‘melek’ akan isu tertentu. Dalam hal ini, sebagai salah satu mahasiswi di fakultas kesehatan tentu saja aku harus mampu mengedukasi masyarakat tentang hal yang berbau kesehatan! Bukan malah hanya menghadiri acara ini dalam rangka pembuktian diri huhuhu T0T *salahniat*

Alkisah aku baru mengetahui informasi tentang adanya acara ini pada Sabtu siang. Satu minggu pasca hiruk pikuk acara ‘Bakti Farmasi 2015’ *nantikan kisahnya di postinganku yang selanjutnya ya 😉 masih lelah rasanya bagiku untuk melakukan aksi yang menguras energi lagi. Akan tetapi,akhirnya aku berpartisipasi juga hahaha. Pada Minggu pagi,aku bersama teman-teman lain sesama mahasiswa/i fakultas kesehatan Universitas Andalas dan Stikes Aliyah Padang mengadakan aksi turun ke jalan dalam rangka memperingati hari tanpa rokok/tembakau sedunia. Aksi ini diisi dengan long march,penampilan teatrikal,dan penandatanganan petisi yang mendukung pengesahan atau ACC FTTC di Indonesia. Secara sederhana, FTTC adalah sebuah regulasi yang mengatur mengenai distribusi tembakau di suatu negara. Jika FTTC  telah disahkan di negera ini,maka distribusi tembakau/rokok dapat diberi batasan dan tidak akan sebebas sekarang. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar tingkat konsumsi warga negara Indonesia terhadap tembakau dapat menurun.

Kita semua telah menyadari bahwa tembakau/rokok berbahaya bagi kesehatan bukan?Mirisnya,kebanyakan dari kita yang sudah tahu malah tidak peduli akan isu yang sebenarnya teramat penting ini. Meski sudah mengetahui bahayanya,banyak yang tidak ambil pusing dan meneruskan penggunaan rokok.

Sebagai mahasiswi kesehatan yang telat mikir *hehe XD Aku baru melek akan hal-hal seperti ini.Dengan kedudukan sebagai mahasiswi,apalagi mahasiswi kesehatan. Sudah sepatutnya aku peduli dan peka akan hal-hal semacam ini!

Aksi dalam rangka memperingati hari tanpa tembakau (rokok) sedunia ini merupakan aksi pertamaku sebagai mahasiswi kesehatan. Aku harap ini juga bukan merupakan aksiku yang terakhir.

Aksi pertamaku hari itu berlangsung lancar. Acaranya selesai sekitar pukul 11 siang.Aku bahkan sempat menjadi narator dalam teatrikal dari fakultas kami.

What a precious experience!

Satu lagi hari berkesan selama menjadi mahasiswi farmasi aku lalui.
Mudah-mudahan kedepannya,aku benar-benar berubah menjadi seorang mahasiswi kesehatan yang peka dan mampu mengedukasi masyarakat luas tentang isu penting dalam dunia kesehatan… Aamiin.

Aku akan berbagi cerita lagi seputar berbagai pengalaman sehari-hariku di blog ini teman-teman pembaca.
Be patient with me okay? ^^

Nantikan juga berbagai ulasanku tentang buku dan film dalam postingan-postingan selanjutnya! 👍

Sampai jumpa dan terima kasih sudah mampir di blog ini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s