[Movie Review] A Werewolf Boy (2012)

AWB

Soon-Yi: Gran, wanna see this?
Older Sun-yi: What a good-looking young man.
Soon-Yi: He is, isn’t he?
Older Sun-yi: Does he come from money?
Soon-Yi: I don’t think so.
Older Sun-yi: Then just have a little fun and dump him.
Soon-Yi: But he’s so good to me.
Older Sun-yi: Be good to him. Men love getting compliments. When you grow up you see things that you didn’t used to see. Knowing more might seem good, but it turns you into a coward. It only happens once in your lifetime, and it never comes back. – IMDb

INFORMASI FILM
Judul: A Werewolf Boy /늑대소년
Sutradara: Jo Sung Hee
Penulis naskah: Jo Sung Hee
Pemeran utama: Song Jong Ki, Park Bo Young
Penata musik: Shim Hyun Jung
Sinematografer: Choi Sang-Muk
Editor: Nam Na Yeong
Tanggal rilis: 11 September 2012 (Toronto International Film Festival), 31 Oktober 2012 (Korea Selatan)
Durasi: 125 menit
Genre: Romance, Fantasy
Distributor: CJ Entertainment
Bahasa: Korea
Negara: Korea Selatan
Rating: NR
Temukan tentang film ini di: IMDb / Rotten Tomatoes

TRAILER


SINOPSIS

Gangguan pernafasan yang dideritanya membuat Kim Soon-Yi (Park Bo Young), serta ibu dan adiknya pindah ke sebuah rumah baru di daerah pedesaan. Rumah tersebut merupakan rumah dari Jitae (Yoo Yeon Seok), putra dari rekan bisnis ayah Soon-Yi yang sudah meninggal. Keluarga Soon-Yi yang sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru itu malah menemukan hal mengejutkan.

Dalam lumbung padi di sebelah rumah barunya, Soon-Yi menemukan seorang anak laki-laki liar yang tidak bisa membaca ataupun berbicara. Ibu Soon-Yi yang percaya bahwa anak laki-laki itu adalah yatim piatu korban dari Perang Korea akhirnya menamai anak itu Chul-soo (Song Jong Ki). Sejak saat itu, Chul-soo tinggal bersama Keluarga Soon-Yi.

Pada awalnya, Soon-Yi tidak menyukai keberadaan Chul-soo. Akhirnya, gadis itu malah menghabiskan waktu untuk mengajarkan Chul-soo tentang berbagai hal. Mulai dari mengajarkannya untuk makan dengan benar, mengikat tali sepatu sendiri, melipat selimut bahkan hingga membaca dan menulis. Seiring dengan berjalannya waktu, Soon-Yi dan Chul-soo akhirnya menyimpan rasa untuk satu sama lain.

Akan tetapi, kisah mereka berdua tidak akan bergulir semudah itu.

Rahasia apakah yang sebenarnya ada dibalik Chul-soo?

REVIEW
Lewat film ‘A Werewolf Boy’,Jo Sung Hee yang berperan sebagai direktor sekaligus penulis naskah akhirnya diganjar dengan 2 penghargaan sekaligus; penghargaan Discovery Award pada 2012 (4th) KOFRA Film Awards Ceremony dan penghargaan sebagai Best New Director pada 2013 (49th) PaekSang Arts Awards.Memotret kisah antara dua insan yang teramat berbeda namun kemudian disatukan oleh cinta mengantarkan ‘A Werewolf Boy’ menjadi salah satu film melodrama Korea tersukses sepanjang masa.

‘A Werewolf Boy’ menggunakan alur cerita mundur sepanjang film.Di awal film kita dapat mengetahui bahwa Kim Soon-Yi adalah seorang wanita berusia enam puluh tahun yang tinggal di Amerika Serikat.Setelah menerima sebuah panggilan telepon di pagi hari,Soon-Yi memutuskan untuk secepatnya kembali ke Korea Selatan.Perjalanannya kembali ke Korea Selatan membuat Soon-Yi mengingat kembali kenangan masa lalu tentang rumah yang ditempatinya 47 tahun lalu.

Dari sisi sinematografi, ‘A Werewolf Boy’ sudah ditata dengan baik.Tone warna dalam film memberi kesan lembut dan mendukung atmosfir melodrama dari film.Hal lain yang juga menjadi kelebihan dari ‘A Werewolf Boy’ adalah pemilihan aktor.Meskipun hanya memiliki sebaris atau dua baris dialog sepanjang film,Song Jong Ki yang memeran Chul-soo dapat menyampaikan emosi dari karakter dengan intens.Dari sorot mata dan gestur badan,penonton dapat menangkap emosi yang ingin disampaikan.Yoo Yoon Seuk,yang berperan sebagai antagonis dalam film yaitu Jitae pun mampu memperlihatkan kepiawaiannya dalam memerankan berbagai peran.Jitae yang sesungguhnya mencintai Soon-Yi,namun menjadi buta karena tidak dapat menerima kenyataan akhirnya malah berubah melukai gadis yang dicintainya.Tidak hanya itu saja,transformasi yang dialami oleh Soon-Yi dari seorang gadis murung dan pendiam menjadi seseorang hangat dan peduli pun diperankan dengan baik oleh Park Bo Young.

Film ‘A Werewolf Boy’ ditutup dengan ending yang pantas dan realistis.Ini adalah film bagi anda yang menyukai film melodrama tanpa ending cerita yang terlalu dipaksakan.

FRPZT’S OPINION (please be aware of spoiler)
Ini adalah film pertama dari Song Jong Ki dan Park Bo Young yang aku saksikan.Lewat film ini,keduanya sukses mencuri perhatianku dan membuatku penasaran untuk menyaksikan film atau drama lain yang mereka bintangi.Kalau boleh aku bilang,akan lebih baik kalau kamu tidak menyaksikan film ini kalau kamu berharap untuk menemukan tipe kisah cinta yang ‘happly ever after’. Kamu menonton film yang salah kalau kamu mengharapkan kisah seperti itu.

’A Werewolf Boy’ membingkai kisah cinta yang sederhana ,sebuah kisah yang berawal dari kepedulian dan keinginan untuk mengerti.Namun,pada akhirnya menjelma menjadi perasaan sayang yang mendalam.Aku pikir kisah cinta antara Soon-Yi dan Chul-soo adalah kisah sederhana,namun terlihat rumit bagi mereka yang tidak mengerti.
Bagiku,‘A Werewolf Boy’ adalah film yang aku sukai namun aku benci pada saat yang sama. Film ini memang tidak sampai membuatku menangis.Akan tetapi,rasa sakit dan prihatin yang muncul bersamaan dengan berakhirnya film ini tidak dapat aku singkirkan begitu saja.

FACTS

    • Cucu dari Kim Soo-Yi dalam film juga diperankan oleh Park Bo Young
    • Park Bo Young juga ikut menyumbangkan suara emasnya untuk soundtrack film ‘A Werewolf Boy’
    • Versi novel dari ‘A Werewolf Boy’ sudah diterbitkan pada 31 Oktober 2012.Novel ini ditulis oleh Kim Mi Ri dan diterbitkan oleh Esoope Publishing di Korea Selatan.Novel ‘A Werewolf Boy’ ditulis berdasarkan screenplay asli oleh direktor Jo Sung Hee.
    • Durasi asli dari ‘A Werewolf Boy’ sebenarnya adalah 125 menit.Akan tetapi,pada 6 Desember 2012 telah dirilis versi lain dari ‘A Werewolf Boy’.Dalam versi ini durasi film menjadi 127 menit.Film ini ditutup dengan adegan baru ketika Soon-Yi dan Chul-soo bertemu kembali.

Sumber:
(1)
(2)
Youtube

Sumber gambar:
(1)
(2) Dokumentasi pribadi

Thanks for reading guys ^^
See you on my next post! 😄;)🙆🎎

Advertisements

1 thought on “[Movie Review] A Werewolf Boy (2012)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s