[Movie Review] China Town / Coin Locker Girl (2015)

 

CLG

A new born girl is placed in a coin operated locker in the subway station. The girl is raised by a mother who is the boss for a loan shark group. Later, when the girl has grown into a teen,… – IMBd

INFORMASI FILM
Judul: China Town / 차이나타운 / Coin Locker Girl
Direktor: Han Jun Hee
Terinspirasi dari novel Ryu Murakami – Coin Locker Babies
Sinematografer: Lee Chang Jae
Pemeran utama: Kim Hye Soo, Kim Go Eun, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo
Tanggal rilis: 29 April 2015
Durasi: 110 menit
Genre: crime, drama
Distributor: CGV Arthouse
Bahasa: Korea
Negara: Korea Selatan
[Terdapat beberapa adegan kekerasan yang cukup eksplisit dalam film ini]

TRAILER

 

SINOPSIS
Il Young (Kim Go Eun) tidak pernah tahu siapa orang tua kandungnya. Ketika masih bayi, Il Young ditemukan oleh seorang pengemis jalanan dalam loker nomor 10 di stasiun kereta bawah tanah dan dibesarkan di lingkungan para pengemis sejak saat itu. Pada usia 10 tahun, Il Young muda dijual ke tangan seorang wanita pemimpin sindikat perdagangan orang tubuh manusia dan lintah darat (Kim Hye Soo) di daerah China Town, Incheon.

Wanita itu, yang dipanggil dengan sebutan Ibu, akhirnya membesarkan Il Young sampai ia tubuh menjadi seorang gadis remaja tanggung. Il Young mengerjakan semua hal yang diperintahkan Ibu dengan patuh dan baik. Gadis ini menjadi tangan kanan terpercaya dari Ibu. Akan tetapi, satu keputusan yang Il Young buat akhirnya mengubah hidupnya dan kehidupan orang-orang di China Town sepenuhnya.

REVIEW
Film ini sama sekali bukanlah tipe film yang menawarkan penutup yang manis diakhir. Ketika menonton film ini, kita akan dibawa untuk menyadari bahwa terkadang, happy ending tidak selalu mungkin dalam semua cerita. Terkadang, beberapa cerita memang berakhir dengan tidak terlalu “manis” karena memang begitulah bagaimana cerita itu seharusnya diakhiri. Aku terkadang heran kenapa aku menyukai film dengan tipe cerita seperti ini. Mungkin alasan yang paling mendekati adalah karena tipe film semacam ini secara tidak langsung menyuguhkan berbagai kenyataan pahit yang sesungguhnya banyak terjadi di sekitar kita.

Dari segi plot dan cerita tidak ada yang istimewa sebenarnya. Film ini mengisahkan tentang gadis tanpa orang tua yang dibesarkan di lingkungan yang keras dan bisa dibilang salah. Kita cukup familiar dengan plot dibesarkan-di tempat-yang salah semacam ini bukan? Aku pikir hal yang istimewa dari film ini akting maksimal dari setiap aktor dan aktris yang terlibat di dalamnya.

Jauh sebelum kesuksesannya ketika memerankan karakter Ji Eun Tak dalam Goblin (2017). Aku sudah jatuh hati pada Kim Go Eun sejak kemunculannya dalam Cheese in the Trap (2016). Aku makin penasaran dengannya setelah menyaksikan Muse (2012). Aku sempat kaget karena ternyata Muse merupakan karya debut Go Eun. Kalau kau sudah menyaksikan film dan drama yang aku sebutkan di atas, aku rasa kau sendiri dapat juga menyadari bagaimana luwesnya Kim Go Eun dalam memerankan karakter-karakternya dalam film dan drama tersebut. Dalam Coin Locker Girl, Go Eun juga memerankan karakternya, Il Young, dengan tepat dan maksimal. Dia meninggalkan kesan dalam di benakku.

Karakter memorable Go Eun, dipadukan dengan akting mumpuni dari aktris senior handal Kim Hye Soo, menjadikan film ini pantas untuk disaksikan. Karisma Kim Hye Soo sebagai seorang aktris memang tidak main-main. Aku jadi semakin penasaran untuk menyaksikan karya beliau yang lain (aku bahkan belum menyaksikan drama Signal (2016) yang ternama itu x.x).

Kalau kau menyukai film anti-mainstream yang berbau kejahatan dan siap menghadapi berbagai kenyataan dan hal-hal pahit dalam filmnya, tidak ada salahnya mencoba menyaksikan film ini.


Sumber gambar: (1) (2)

nb:
Selamat menyambut bulan Juni dan selamat menempuh bulan Ramadhan bagi yang menjalankan ibadah puasa ^^ Semoga semua orang tetap berada dalam keadaan sehat dan bahagia!
Aku akhirnya menemukan semangatku lagi dan (mulai) rutin membagikan review buku di blog sebelah. Sepertinya aku akan rutin singgah ke blog ini dengan review dari berbagai film atau drama yang sudah aku saksikan. Semoga ini dapat menjadi hal yang rutin juga ya ^^ Tidak menutup kemungkinan aku juga akan membagikan hal-hal lain 😉

Sampai jumpa di postingan selanjutnya dan terima kasih telah berkunjung ^^

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s