[Movie Review] Han Gong-Ju (2013)

Han_Gong-ju_(poster)

Han Gong-Ju transfers to a new school to escape her past. It takes a long time for hers troubled past to catch up with her, but when it does the revelation is devastating – IMDb

INFORMASI FILM
Judul: Han Gong-Ju / 한공주
Sutradara: Lee Su-Jin
Terinspirasi dari kisah nyata Miryang gang rape case (2004)
Sinematografer: Hong Jae Sik
Pemeran utama: Chun Woo-hee
Tanggal rilis: 04 Oktober 2013 (Busan International Film Festival), 17 April 2014 (Korea Selatan)
Durasi: 112 menit
Genre: crime drama
Distributor: CGV Movie Collage
Bahasa: Korea
Negara: Korea Selatan
[This film could possibly triggering for some people (explicit description of rape is present)]

TRAILER

SINOPSIS
Film ini mengisahkan tentang seorang gadis muda, Han Gong Ju, yang berusaha keras untuk lepas dari masa lalu yang senantiasa membayanginya. Karena peristiwa yang menimpanya di masa lalu, Han Gong Ju terpaksa harus berpindah sekolah dan tempat tinggal agar dapat melanjutkan kehidupannya dengan tenang. Saat gadis ini mengira bahwa dia dapat melanjutkan hidupnya dengan tenang kembali, masa lalu yang berusaha dia tinggalkan itu akhirnya menemukan dia kembali.

REVIEW

This film is emotionally devasting like for real…

Awalnya aku pikir film ini adalah film kedua dari Chun Won Hee yang pernah aku saksikan setelah film horror-thriller The Wailing (2016). Ternyata aku salah. Tanpa aku sadari aku ternyata sudah menyaksikan Chun Won Hee lewat film Sunny (2011) dan film The Beauty Inside (2015). Dari keempat film ini, aku memang baru menyadari keberadaan Chun Won Hee lewat perannya sebagai good spirit dalam The Wailing (2016).

Meskipun sudah bermaksud untuk menyaksikan film ini sejak tahun lalu, aku akhirnya baru menonton filmnya beberapa minggu lalu. Aku sangat menyukai tone dari film ini. Pada awalnya aku sempat bingung karena cerita dalam Han Gong Ju dituturkan dengan alur campuran. Pada satu bagian kita akan melihat bagaimana kehidupan Han Gong Ju di masa sekarang akan tetapi, tanpa kita sadari ternyata di menit selanjutnya kita sedang melihat “kenangan” dari masa lalunya. Teknik penceritaan seperti ini memang memicu kebingungan dan memunculkan beberapa “versi cerita” atau interpretasi dari masing-masing penontonnya.

Seiring dengan berjalannya film, kita akhirnya akan mulai mengetahui masa lalu seperti apa yang sebenarnya mengejar Han Gong Ju. Kita akan mengetahui kenapa gadis ini sangat menutup dirinya. Kita juga akan menyadari kenapa Han Gong Ju saat tidak suka ketika dirinya direkam di kamera. Kita juga akhirnya mengetahui alasan mengejutkan dibalik keinginan Han Gong Ju agar pandai berenang.

Masa lalu memilukan gadis ini diungkapkan dengan sangat perlahan dan bagian inilah bagian yang paling menyedihkan dan membuat putus asa menurutku. Aku sempat tidak percaya film ini terinspirasi dari kisah nyata yang benar-benar terjadi (baca di sini). Ini adalah tipe-tipe film yang akan membuat kita menyadari bahwa dunia bukanlah tempat yang seindah itu. Keadilan yang diagung-agung terkadang tidak terlaksana sebagaimana mestinya.

Bagian yang paling meninggalkan kesan dalam bagiku adalah ending dari filmnya. Scene pernutupnya terasa sangat menghentak walaupun diam-diam kita sebenarnya sudah menduga hal itu akan terjadi. Chun Woo-hee memerankan karakter Han Gong Ju dengan sangat baik dan believeable menurutku.

Kalau kau menyukai film yang memotret kisah (kelam) sebenarnya dari manusia di lingkungan sekitar kita, sepertinya tidak ada salahnya untuk memasukkan film ini dalam daftar tontonanmu.


Sumber gambar: (1) (2)

Advertisements

1 thought on “[Movie Review] Han Gong-Ju (2013)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s